Thursday, June 13, 2013

Jual-Beli Pemain Bursa Transfer Musim Panas


Bursa transfer musim panas. Sebuah ajang jual-beli pemain yang amat tersohor di belahan bumi Eropa ini telah dibuka kembali. Dan, seperti yang sudah-sudah, selalu beredar gosip-gosip transfer pemain antar klub. Dan, United tidak pernah ketinggalan dirumorkan.

Musim lalu, United membeli 5 pemain pada bursa transfer musim panas. Adalah Robin van Persie dan Shinji Kagawa yang menjadi pembelian paling panas, menilik nama besar keduanya. Ada pula Alexander Buttner - seorang pemain fringe yang masih sangat mentah - dan Nick Powell beserta Angelo Henriquez - pemain-pemain berprospek di masa depan.

United juga menjual (dan melepas) tidak kurang dari 11 pemain. Penjualan Park Ji-Sung dan Dimitar Berbatov tentu adalah yang paling santer, disusul dengan 'direnggut'nya Paul Pogba oleh Juventus.

Musim 2013-2014 mendatang, United akan dikomandoi oleh nahkoda baru, David Moyes. Moyes mungkin memiliki kebijakan yang berbeda dengan Sir Alex Ferguson dalam hal mengatur keseimbangan tim dan kebutuhan tim. Preferensi juga bisa jadi berbeda. Oleh karena itu, selalu ada kemungkinan perubahan besar-besaran dalam diri United.

Dan, pada tulisan ini, kami menuliskan siapa-siapa saja yang kemungkinan akan dijual dan dibeli United pada bursa transfer musim panas ini. Pilihan berikut berdasarkan opini, rumor yang beredar, dan kemungkinan terjadinya yang besar.

Jual

Wayne Rooney

Gosip yang satu ini adalah gosip yang paling sibuk beredar. Sejak penghujung musim 2012-2013, Rooney memang sudah dirumorkan tidak bahagia menjadi 'pemain kelas dua' dibandingkan dengan van Persie. Dan kabarnya Arsenal, Chelsea, hingga PSG tengah berpikir untuk menanggungnya.

Kemungkinan Rooney pindah saya rasa masih mungkin terjadi. Di samping segala pemberitaan bahwa Moyes ingin menahannya, jika pada akhirnya Wazza tidak kuat membendung ego-nya, kemungkinannya pergi masih ada.

Federico Macheda

Untuk yang satu ini, silahkan baca tulisan ini.

Anderson

Moyes tidak punya kewajiban untuk memberi tempat bagi pemain-pemain yang ditinggal Sir Alex, apalagi untuk pemain sekelas Anderson. Tidak ada kepastian bahwa Moyes dapat melakukan rotasi sebaik Fergie. Oleh karena itu, Anderson termasuk kandidat kuat yang akan dijual pada bursa transfer kali ini.

Patrice Evra

Evra telah melewati masa keemasannya. Sudah jelas dengan penampilannya yang semakin menurun. Ia mungkin masih dianggap sebagai bek kiri terbaik yang dimiliki United saat ini, namun jika Moyes memang membutuhkan Leighton Baines di United, Evra bisa saja terbuang.

Saya sendiri sampai saat ini masih menganggap Evra dapat diandalkan. Namun, dengan kembalinya Fabio dan kemungkinan datangnya Baines, tidak heran rasanya bisa Moyes ingin United meraup keuntungan dari uang penjualan Evra ke klub kaya semacam Monaco atau PSG.

Nani

Nani adalah winger kelas dunia. Semua itu jelas. Namun, dengan egonya untuk mendapat gaji tinggi yang tidak sesuai kontribusi (dan konsistensi) nya, menjual Nani adalah hal yang wajar. Harga Nani, kalau saja bisa dengan cerdas dipasang, bisa mencapai puluhan juta pounds. 

Meski United saat ini tengah kekurangan tenaga pemain sayap yang benar-benar memiliki flair, menjual Nani bisa menjadi cara untuk mendapat pemain lain yang bisa lebih konsisten dan berharga lebih murah.

Beli

Cesc Fabregas

Kenapa saya bilang ini mungkin? Karena Fabregas adalah seorang midfielder, posisi yang penuh kekurangan di United. Musim lalu saja, United hanya memiliki Michael Carrick yang tampil konsisten. 

Fabregas mungkin berharga sangat mahal, namun melihat transfer impossible Robin van Persie musim lalu ke United, saya rasa Fabregas juga masih mungkin berlabuh ke United jika diasumsikan hanya Fabregas-lah nama besar yang dibeli.

Marouane Fellaini

Sekali lagi, seorang midfielder. Sudah bermusim-musim sejak fans United mendambakan seorang gelandang tengah tangguh yang dapat menemani Carrick setelah Owen Hargreaves mengalami cedera panjang. Fellaini memiliki koneksi dengan Moyes, jadi saya rasa Moyes juga memiliki preferensi untuk Fellaini.

Kurangnya 'power' pada lini tengah memang mengganggu. Musim 2011-2012, lini tengah United 'dibully' oleh midfielder-midfielder bertenaga dan berbakat semacam Fellaini dan Yaya Toure. Fellaini yang sangat physical-marauding jelas adalah tambahan yang sangat berpotensi.

Thiago Alcantara

Jika saya asumsikan Cesc Fabregas dan Marouane Fellaini tidak jadi hengkang ke United, maka Thiago adalah nama lain yang saya kedepankan. Jujur, saya bukan penggemar Thiago. Namun melihat berbagai macam rumornya, saya jadi merasa bahwa transfer ini mungkin terjadi.

Thiago tidak berharga semahal Fabregas dan Fellaini, dan berusia muda. Saya beranggapan bahwa Thiago adalah pembelian yang United banget.

Kevin Strootman

Sama halnya dengan pemain-pemain di atas, Strootman juga telah digosipkan ke United dan adalah seorang midfielder. Strootman juga masih muda dan tidak akan berharga terlalu mahal. Sama seperti Thiago, Strootman adalah pembelian yang United banget.

Saya sudah menonton berbagai video Strootman di YouTube, dan ia memang sangat impresif. Ia dribbler kuat, dan cerdas dalam mengumpan. Strength-nya lumayan, sehingga ia bisa menjadi kandidat kuat midfielder baru United. 

Robert Lewandowski

Jangan senang dulu, karena menurut saya kans Lewandowski ke United lebih kecil dari kansnya ke Bayern Munich. Pasalnya, Lewy sudah kerap menyuarakan keinginannya bergabung dengan The Bavarians. Namun, perkara Dortmund yang tidak rela menyerahkannya ke rival besar mereka membuat saya merasa memiliki optimisme.

Dortmund seakan sangat ngotot mempertahankan Lewandowski. Mereka jelas tidak ingin kasus Mario Gotze terjadi kembali. Dan, saya rasa, United bisa memanfaatkan hal ini. United bisa saja muncul dan menawarkan sejumlah uang untuk membeli Lewandowski, mempertimbangkan kontraknya yang hanya tersisa satu musim. Dortmund pun, daripada menjualnya musim ini ke Bayern atau kehilangannya secara gratis musim depan, pasti lebih suka mendapatkan sejumlah uang musim ini untuk membiarkannya menyebrang ke Inggris.

Leighton Baines

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Patrice Evra dapat saja tersingkir dengan kedatangan Leighton Baines. Jika Moyes memang membutuhkannya, uang sebesar 15-20 juta pounds akan digelontorkan. Lagipula, Evra yang dikabarkan diminati PSG dan Monaco bisa menelurkan uang yang bisa membantu transfer Baines.

Phil Jagielka

Harus saya jelaskan, bahwa dalam hal ini yang menjadi bahan pertimbangan juga adalah preferensi dari David Moyes sebagai manajer United. Moyes telah bertahun-tahun bekerja bersama Jagielka, dan tentu saja ia ingin Jagielka berada di klub barunya. Pada akhirnya, keputusan ada pada Moyes, apakah ia butuh Jagielka atau tidak.

Saya sendiri melihat bahwa Jagielka sebenarnya tidak dibutuhkan United. Dengan limpahan centerback muda, rasanya Jagielka hanya akan menjadi penghambat saja. Tetapi, Moyes mungkin memiliki pemikiran yang berbeda. Yang jelas, Jagielka lebih memungkinkan ketimbang Ezequiel Garay menurut saya.

Luke Shaw

Shaw adalah bek kiri muda yang saat ini masih merupakan pemain milik Southampton. Shaw sangat mungkin didatangkan, karena potensinya yang besar dan kebiasaan United untuk membeli pemain muda. Moyes tentu merasa bahwa ia harus mengikuti kebiasaan ini, agar semakin bisa diterima di Old Trafford.


Yap, sekian kira-kira daftar jual-beli yang dapat kami sampaikan. Tidak ada jaminan bahwa pemain-pemain di atas akan benar hengkang atau datang ke United. Semua berdasarkan pemikiran semata. Satu pesan saya : jangan mudah percaya rumor transfer, dan selamat menikmati musim penuh PHP.    

No comments:

Post a Comment